YPIT Mutiara

Manfaatkan Kesempatan Hidup yang Allah Karuniakan untuk Membangun Kampung Akherat yang Terbaik

Manfaatkan kesempatan hidup yang Allah karuniakan untuk membangun kampung akherat yang terbaik


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Bapak-Ibu sahabat sehati yang dirahmati Allah,semoga Allah karuniakan kita kemudahan untuk smakin istiqamah taat bribadah, berihtiar, berdo'a, bertawakkal, bersabar, bersyukur dengan ikhlas serta bertolong menolong dalam kebaikan untuk saling menyempurnakan menuju khusnul khotimah.

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kpdamu(kebahagiaan) negeri akhirat,dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (al Qashash: 77)

Berkata Imaam Ibnu Katsiir tentang ayat diatas (maknanya): “Gunakanlah nikmat yang telah Allah berikan kepadamu berupa harta yang melimpah dan kenikmatan yang banyak (lainnya) DALAM RANGKA TAAT KEPADANYA, untuk dapat mendekatkan dirimu kepadaNya, dan agar engkau mendapatkan pahala dariNya di dunia dan akhirat. Dan janganlah engkau melupakan bagian duniamu; yaitu janganlah kamu melupakan terhadap perkara yang telah Allah bolehkan (bahkan perintahkan kepadamu); seperti makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal (untuk istirahat), serta pernikahan (untuk memperbanyak keturunan; dan slainnya).
Sesunggunya Rabbmu memiliki hak (yang wajib engkau tunaikan), demikian pula DIRIMU SENDIRI, keluargamu, serta
orang yang meminta kepadamu… Maka berikanlah setiap mereka haknya…

Kemudian Allah berfirman: dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. Imaam Ibnu Katsiir berkata: Janganlah semangatmu (dalam beramal shalih) justru menjerumuskanmu dalam berbuat kerusakan (terhadap orang lain), sesungguhnya Allah tidak menyukai para pembuat kerusakan "Begitu banyak orang menghabiskan kesehatan mereka untuk mendapatkan kekayaan,dan kemudian harus menghabiskan kekayaan mereka untuk mendapatkan kembali kesehatan mereka."

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Abdul Gaffar