YPIT Mutiara

Ruang Siswa

Ruang Siswa (11)

Blog ini berisi tentang kegiatan pelajar, ide-ide, gagasan, motivasi, karya siswa/siswi dll.

Diharapkan siswa ikut dalam mengisi blog ini untuk menyampaikan / bertukar informasi yang meraka dapatkan. Bapak ibu Guru juga bisa ikut mengisi blog ini jika ada yang ingin disampaikan kepada siswanya.

Sabtu, 24 Januari 2015 19:36

Persami Pramuka Siswi SDIT

By

Pendirian Tenda Kemah

Upaca Pembukaan

Hujan...tenda persami basah semua ...anak-anak mengungsi ke kelas

 

Sabtu, 24 Januari 2015 19:27

x-Day

By

Anak-anak dengan Riang Gembira bermain kelereng di sekolah - Sabtu sebagai hari X-day

Yang sudah besar juga tetap main ayunan

Sabtu, 24 Januari 2015 19:24

SELEKSI NASIONAL BEASTUDI ETOS 2015

By

Untuk seluruh siswa/i SMA/Sederajat se-Indonesia Beastudi Etos ada di 16 PTN. UNSIYAH, USU, UNIV ANDALAS, UIN Jkt, UI, IPB, ITB, UNPAD, UNDIP, UNAIR, ITS, UNIBRAW, UGM, UNMUL, UNHAS, dan UNPATI Fasilitas Beasiswa : 1. Bantuan biaya pendidikan selama 8 semester 2. Uang Saku 3. Asrama Mahasiswa selama 3 tahun 4. Pembinaan selama 4 tahun (tahun ke 4 pembinaan persiapan pasca Kampus) 5. Support prestasi dalam dan luar negeri 6. Bantuan biaya penelitian skripsi 7. Pembuatan pasport Persyaratan : 1. Surat Keterangan Tidak Mampu 2. Slip Gaji/ Surat Keterangan Penghasilan Orangtua dari Wali Nagari/ Ketua RT/RW / Ketua Pengurus Mesjid setempat dengan Cap Stempel 3. Fotocopy Rapor Semester 1-5 atau Ijazah bagi yang sudah lulus SMA/sederajat 4. KTP/ Kartu Identitas 5. Fotocopy Kartu Keluarga 6. Pas Photo terbaru warna 3x4 2 buah 7. Fotocopy Rekening Listrik bulan terakhir 8. Foto Rumah Tampak Keseluruhan (Ruang tamu, ruang tidur, dapur, kamar mandi, halaman depan dan belakang) 9. Mengisi Formulir Pendaftaran, download di www.beastudiindonesia.net / ambil ke Sekretariat Beastudi Etos terdekat 10. Tulisan tentang perjalanan hidup (minimal 2 halaman A4) Pendaftaran juga bisa secara online melalui website www.bit.ly/SELEKSI-ETOS Pendaftaran mulai 1 Januari - 28 Februari 2015 Asrama beastudi etos Medan. Jakarta. Malang. Semarang. Jogja. Surabaya. Samarinda. Makassar. Ambon. Padang. Aceh. Bandung. Bogor.

No.

WIL.

Perguran Tinggi

No.SK

Tgl.SK

Thn.SK

Peringkat

Tgl. Daluwarsa

Status Daluwarsa

1

13

Institut Agama Islam Negeri Ar-Raniry

019/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

2

1

Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara

071/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

C

21/02/2018

masih berlaku

3

4

Institut Pemerintahan Dalam Negeri

004/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

03/02/2012

2012

B

03/02/2017

masih berlaku

4

4

Institut Pertanian Bogor

067/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

5

5

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

025/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

6

4

Institut Teknologi Bandung

066/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

7

7

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

015/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

8

4

Institut Teknologi Telkom Bandung

057/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

9

4

Politeknik Negeri Bandung

020/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

10

13

Politeknik Negeri Lhokseumawe

005/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

03/02/2012

2012

C

03/02/2017

masih berlaku

11

6

Politeknik Negeri Semarang

051/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

24/01/2014

2014

B

24/01/2019

masih berlaku

12

10

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kerinci

009/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

10/02/2012

2012

C

10/02/2017

masih berlaku

13

5

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN

041/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

14

6

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Cipta Husada

036/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

C

16/01/2019

masih berlaku

15

9

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya

031/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

C

16/01/2019

masih berlaku

16

5

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta

033/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

17

7

Universitas Airlangga

024/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

18

10

Universitas Andalas

039/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

19

5

Universitas Atma Jaya Yogyakarta

058/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

20

2

Universitas Bengkulu

041/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

21

2

Universitas Bina Darma

002/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

03/02/2012

2012

C

03/02/2017

masih berlaku

22

3

Universitas Bina Nusantara

014/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

23

7

Universitas Brawijaya

030/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

24

6

Universitas Diponegoro

125/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PT/V/2013

24/05/2013

2013

A

24/05/2018

masih berlaku

25

5

Universitas Gadjah Mada

068/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

26

3

Universitas Gunadarma

029/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

27

9

Universitas Haluoleo

084/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

C

21/02/2018

masih berlaku

28

7

Universitas Hang Tuah

011/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

17/02/2012

2012

C

17/02/2017

masih berlaku

29

9

Universitas Hasanuddin

079/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

30

3

Universitas Indonesia

069/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

31

5

Universitas Islam Indonesia

065/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

32

7

Universitas Islam Malang

072/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

33

9

Universitas Islam Negeri Alauddin

001/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

03/02/2012

2012

C

03/02/2017

masih berlaku

34

7

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

032/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

35

3

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

126/SK/BAN-PT/Ak-SURV/PT/V/2013

24/05/2013

2013

A

24/05/2018

masih berlaku

36

10

Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau

035/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

37

10

Universitas Islam Riau

007/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

10/02/2012

2012

C

10/02/2017

masih berlaku

38

6

Universitas Islam Sultan Agung

059/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

39

3

Universitas Katolik Indonesia Atmajaya Jakarta

070/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

40

4

Universitas Katolik Parahyangan

062/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

41

6

Universitas Katolik Soegijapranata

063/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

42

3

Universitas Kristen Indonesia

008/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

10/02/2012

2012

B

10/02/2017

masih berlaku

43

7

Universitas Kristen Petra

021/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

44

6

Universitas Kristen Satya Wacana

081/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

45

8

Universitas Mataram

017/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

46

7

Universitas Muhammadiyah Malang

074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

47

2

Universitas Muhammadiyah Palembang

027/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

48

7

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

006/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

10/02/2012

2012

C

10/02/2017

masih berlaku

49

6

Universitas Muhammadiyah Surakarta

076/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

50

5

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

061/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

A

21/02/2018

masih berlaku

51

9

Universitas Muslim Indonesia

018/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

52

7

Universitas Narotama

037/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

53

3

Universitas Nasional

080/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

54

9

Universitas Negeri Makassar

014/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

23/02/2012

2012

B

23/02/2017

masih berlaku

55

6

Universitas Negeri Semarang

078/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

56

7

Universitas Negeri Surabaya

077/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

57

5

Universitas Negeri Yogyakarta

075/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

58

4

Universitas Padjadjaran

013/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

59

3

Universitas Pancasila

082/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

60

6

Universitas Pekalongan

010/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

17/02/2012

2012

C

17/02/2017

masih berlaku

61

4

Universitas Pelita Harapan

056/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

62

3

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

026/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

63

5

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

023/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

64

8

Universitas Pendidikan Ganesha

012/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

17/02/2012

2012

B

17/02/2017

masih berlaku

65

4

Universitas Pendidikan Indonesia

003/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

03/02/2012

2012

B

03/02/2017

masih berlaku

66

9

Universitas Sam Ratulangi

022/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

67

5

Universitas Sanata Dharma

060/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

68

5

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

034/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

69

3

Universitas Satya Negara

013/BAN-PT/Ak-III/Inst/II/2012

23/02/2012

2012

C

23/02/2017

masih berlaku

70

6

Universitas Sebelas Maret

016/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

A

16/01/2019

masih berlaku

71

2

Universitas Sriwijaya

028/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

72

1

Universitas Sumatera Utara

083/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

73

7

Universitas Surabaya

064/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013

21/02/2013

2013

B

21/02/2018

masih berlaku

74

8

Universitas Udayana

038/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014

16/01/2014

2014

B

16/01/2019

masih berlaku

Sumber : http://ban-pt.kemdiknas.go.id/diraipt.php

Minggu, 13 April 2014 14:11

Acara Sungkeman Kelas XII SMA IT Mutiara Duri

Written by

Peserta acara sungkeman Kelas XII SMA IT Mutiara Duri

Bertempat di Aula YPIT Mutiara, Sabtu, 5 April 2014, dilaksanakan acara Sungkeman Kelas XII SMA IT Mutiara Duri. Acara berlangsung pukul 08.00—12.00 WIB, diikuti oleh guru-guru, siswa Kelas XII SMA IT Mutiara, dan orang tua siwa kelas XII. Acara ini merupakan rangkaian persiapan menghadapi Ujian Nasional 2014 yang sudah semakin dekat. ”Tujuan acara ini adalah persiapan mental siswa menghadapi ujian nasional 2014. Salah satu kunci keberhasilan mereka menghadapi momen yang penting itu adalah restu dari orang tua. Rida Allah terletak pada rida orang tua. Kalau orang tua sudah rida, insyaallah usaha mereka akan dipermudah dan diberikan banyak berkah,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Dra. Gusni Eliza.

Keberhasilan siswa menghadapi ujian nasional tidak saja ditekankan pada persiapan penguasaan materi, tetapi juga persiapan mental. Persiapan mental ini meliputi motivasi yang kuat dan ketenangan jiwa menghadapi ujian. Ketenangan ini karunia Allah SWT yang dianugerahkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang ia kehendaki. Agar Allah memberi ketenangan itu seseorang harus menjaga dirinya dari maksiat dan dosa, dan meminta ampun atas dosa yang telah ia lakukan. Salah satu dosa yang harus benar-benar dihindari adalah durhaka kepada orang tua. Tak akan selamat dan berbahagia anak-anak yang durhaka kepada orang tuanya. Apa pun yang ia lakukan tak akan memberi ketenangan kepada jiwanya jika orang tuanya tidak rida kepadanya. 

Dengan pemahaman seperti inilah digagas acara sungkeman ini. Inti acara adalah anak akan menghadap langsung pada orang tuanya. Sang anak akan bersimpuh sambil mencium tangan kedua orang tuanya. Ia meminta maaf pada orang tua atas segala kesalahannya selama ini. Jangan sampai lagi ada kekesalan di hati orang tua saat sang anak menghadapi Ujian Nasional. Kekesalan orang tua ini bisa mendatangkan murka Allah pada sang anak nantinya. Seberapa pun ia telah mempersiapkan diri, ketika rida Allah tidak hadir, siswa itu akan gagal lulus dari ujian nasional.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan pemberian sambutan oleh kepala SMA IT Mutiara, dan siraman rohani oleh Ustad Aidi Rahmat, S. Th. I. Sebagai hiburan nasyid yang ditampilkan Laila Syifa dan kawan-kawan.  Selanjutnya masuk acara inti penyampaian isi hati oleh siswa dan orang tua. Satu orang siswa, Annisa Mayasari, menyampaikan isi hati seorang anak: kebahagiaan, harapan, kekecewaannya selama ini pada dirinya sendiri, pada orang tua, pada guru, dan lain-lain. Penyampaian ini diharapkan bisa menggugah orang tua dan guru akan sesuatu yang terlewatkan dari anak-anak yang bisa menunjang pada keberhasilan mereka di masa depan. Pada bagian akhir curhatnya, siswa akan menyampaikan permintaan maaf dan restu untuk menghadapi ujian nasional. 

Penyampaian dari orang tua berisi harapan-harapan orang tua pada anaknya, kekecewaan, dan juga nasihat-nasihat yang berguna untuk masa depannya. Diharapkan sang anak akan kembali ingat pada beban yang dipikulkan di pundak mereka sebagai tanggung jawab mereka sebagai seorang anak. Setiap manusia mempunyai tanggung jawab kehidupannya, sudah semestinya seorang anak juga menyadari dan tak lupa akan hal itu. Tanpa menyadari tugasnya sebagai manusia, sang anak akan terus gagal dalam kehidupannya.

”Kami juga mengundang 35 orang anak yatim untuk diberi santunan,” kata Bu Gusni menjelaskan, ”yang langsung diserahkan sendiri oleh siswa. Siswa harus dibiasakan untuk peduli dan senang berbagi.”

Acara berlangsung tertib dan lancar. 

Sambutan Kepala Sekolah yang diwakili oleh Bapak Salmandri, S. Pd.Pembacaan Alquran oleh Sulaiman NurPemberian santunan pada anak yatim

Belajar di sekolah, udah. Belajar di bimbel udah. Masih harus belajar lagi ya di luar dua tempat itu? Yaah, tergantung kebutuhan sih sebenernya. Klo Kalian mau punya pemahaman yg maksimal soal tema-tema yang dipelajarin, ya harus lebih jungkir balik lagi belajarnya. Klo memang cuma untuk menghafal trus bisa jawab soal demi nilai bagus saja, yaah bisa saja belajar kebut semalam. Tapi besok-besok dijamin lupa lagi hafalannya. Nah, kalau memang kebutuhannya selain nilai bagus tapi juga supaya bisa menguasai materi pelajaran dalam waktu lama, belajar di luar kelas atau bimbel berarti kalian butuhkan.

Sekarang masalahnya, yang efektif tuh yang seperti apa? biar cepat bisa menyerap pelajaran di luar sekolah/bimbel? Apa harus bertapa dulu? Tunggu wangsit dulu? Sendirian atau kelompok? Nah ini nih yang mau kita bahas kali ini. Belajar tuh mending sendiri atau kelompok yah? Mari kita bahas bareng-bareng.

Secara sekilas kalau kita dengar soal mending belajar sendiri atau dalam kelompok, kita otomatis langsung jawab, enakan dalam kelompok lah! Tugas lebih cepat selesai. Eits tunggu dulu. Lagi-lagi yg namanya preferensi itu pasti selalu terkait sama dua hal: 1) kepribadian, 2) hakikat dari tugas tersebut. Ribet yah? Nggak kok. Yg pertama itu berhubungan sama kecenderungan seseorang untuk lebih senang belajar sendiri, ada juga yang lebih cenderung senang belajar kelompok. Kalo yg kedua, menentukan belajar sendiri atau kelompok itu ya harus disesuaikan sama jenis tugas ataupun tujuan pembelajaran yang ditentuin sama guru.

Kalau tugas atau bahan pelajarannya itu butuh analisis yang mendalam, ada baiknya dilakukan kelompok. Toh banyak otak banyak ide kan? Tapi klo tugas ataupun materi pelajarannya lebih bersifat superficial atau cuma sekadar pemahaman yang tidak perlu proses analisis mendalam, belajar sendiri tentunya lebih efektif, soalnya minim distraksi (gangguan) untuk memahami hal tersebut. bukan sekadar tugas/belajar jadi lebih cepet, tapi juga berhubungan dengan efektivitas penyelesaian tugas tersebut.

Sekarang kita telusuri lagi nih, keuntungan-keuntungan dan kerugian-kerugian dari kedua metode belajar tersebut. Kira-kira mana yang paling pas sama kepribadian kalian dan situasi yang sedang kalian alami.

KEUNTUNGAN BELAJAR SENDIRI


1.Lebih Fleksibel

Keuntungan utama dari belajar sendiri adalah ya yang satu ini, fleksibel. kalian mau belajar kapan aja, belajar pelajaran apa, mau pake alat bantu apa, terserah. Sesuai yang menurut kalian nyaman aja. Suka belajar tengah malem, Belajar subuh. Kapanpun. Mau belajar di meja bisa. Belajar sambil tengkurap di karpet boleh. Bebas! Terus juga mau sambil denger mp3 atau diselingin nonton TV, ya bebas bebas aja.

2.Melatih intelektualitas diri sendiri

Nah, di poin yang kedua ini, belajar sendirian itu bisa juga, untuk melatih kecerdasan diri kita. Dalam hal ini yaitu kemampuan pemecahan masalah. Kalau belajar sendirian, kalian akan mencoba buat mecahin macam-macam permasalahan yang kalian hadapi waktu belajar atau ngerjain tugas, sendirian. kalian bakal ngembangin berbagai macam cara pemecahan masalah yang mungkin aja bisa lebih efektif dan efisien untuk permasalahan tertentu, lalu mungkin juga bakal menggabungkan beberapa cara pemecahan tersebut untuk permasalahan yang lebih rumit.

3.Lebih Fokus dan Sesuai Rencana

Belajar sendiri itu membantu kita untuk tetap fokus sama bahan pelajaran yang pingin kita dalami. hanya saja hal ini ada syaratnya, keadaan lingkungan tempat kita belajar harus dalam keadaan tenang. Klo di rumah, misalnya, ya ga boleh diganggu sama ortu, adik, kakak, atau tukang nasi goreng yang lewat. Selain itu, belajar sendiri juga bagus buat kita dalam hal menentukan rencana belajar yang efektif. Bab mana yang harus kita pelajari, bab mana yang belom kita kuasain, yg mana yang mau kita lewati. Jadinya kita bisa belajar sesuai dengan apa yg benar-benar kita perluin. tidak buang-buang banyak waktu.

KERUGIAN BELAJAR SENDIRI


1.Tidak ada proses pertukaran ide

Belajar sampai pusing udah, semedi udah, tapi kok mentok yah? Nah hal ini bisa aja nih gara-gara bahan yang kalian hadapi itu membutuhkan proses analisis yang cukup rumit, yang mana ga bisa kalian seleseikan sendirian tanpa bantuan orang lain. Nah kejadian seperti inilah yang membuat belajar kelompok lebih berguna.

2.Tidak ada acuan terhadap performa belajar siswa lain

Belajar sendiri santai tiba-tiba temen-temen udah pada jago aja. Akhirnya rendah diri, setres, trus males belajar. Nah yang seperti ini nih yang sebenernya bisa ditanggulangi dengan sesekali belajar kelompok bersama teman-teman.

3.Banyaknya Distraksi (gangguan)

sedang enak-enak baca materi pelajaran tiba-tiba ada BBM, ada whatsapp, ada SMS, ada film oke di TV. Kapan belajarnya? Ini dia masalah paling umum yang dihadapi kita kalau belajar sendirian di rumah.

KEUNTUNGAN BELAJAR KELOMPOK

1. Membantu mengurangi prokrastinasi

Prokrastinasi itu apa sih?! Yah, gampangnya gini aja deh, kita punya tugas yang harus diselesaikan minggu depan, tapi sebelom H-1, kita cenderung untuk bilang dalem hati: “aah besok aja deh”, “nanti lah kerjainnya, mau main game dulu barang sepukul dua pukul”. Nah gejala ini udah termasuk gejala prokrastinasi nih. Dengan belajar kelompok, gejala ini bisa ditanggulangin, karena kita bekerja dengan orang lain berarti tenggat waktunya juga ga bisa seenak jidat kita yg tentuin sendirian. Kita sebisa mungkin harus patuh dan kompromi terhadap aturan-aturan kelompok.

2. Dapat sudut pandang yang beda

Ini yang jadi keunggulan utama dalam belajar kelompok. Belajar kelompok bikin kita dengerin banyak sekali masukan-masukan dari sudut pandang yang berbeda2. Hal ini bisa membuat pemahaman yang lebih kaya mengenai topik yang lagi kita pelajari.

3. Mengembangkan kemampuan-kemampuan baru di luar pelajaran

Selain menambah pengetahuan dan memperluas sudut pandang, belajar kelompok juga membuat kita makin jago dalam kemampuan untuk berdiskusi, berdebat, menulis catatan diskusi, terus juga bisa meningkatkan kemampuan berorganisasi kita. Kok bisa? Lah iya, dalam sebuah kelompok, apapun kelompoknya, pasti ada kecenderungan untuk berorganisasi. Pasti ada yang muncul jadi pemimpin. Ada juga yang jadi pengikut doang. Ada juga yg kerjaannya cuma ngetik doang, ada yang mikir doang, dsb. Nah, dengan kondisi ini, kita bisa ngelatih kemampuan organisasi kita. Contohnya kemampuan untuk negosiasi, untuk ngelobi, untuk patuh terhadap peran, untuk bisa me-manage anak buah, dan sebagainya.

 4.Menambah Teman

Belajar kelompok juga bisa menambah teman/lebih akrab dengan teman, karena kita jadi sering bertemu dan terjadi pertukaran pikiran jadi kita bisa lebih dekat dengan teman

KERUGIAN BELAJAR KELOMPOK

1.Cenderung Melakukan Kegiatan yang tidak berhubungan dengan tugas/topik

Ketika sedang belajar kelompok, ada teman kita yang cerita tentang berita di televisi hari ini, terus kita jadi terbawa topik berita tersebut dan melupakan tugas.

2.Kita jadi terpengaruh teman kita yang tidak serius dalam kelompok

Didalam Belajar kelompok pasti ada teman kita yang tidak serius dalam kelompok, lalu dia mengajak ngobrol yang lain dan akhirnya terpengaruh.

3.Numpang Nama

Biasanya ini terjadi sama anak-anak yang malas, mereka maunya dapat nilai tapi waktu belajar kelompok dia gak mau kerja. semoga kalian gak seperti itu yah.

 Masa Ta’aruf Siswa Baru, yang  dalam istilah lain disebut dengan MOS, merupakan salah satu program SMA IT Mutiara yang bertujuan  memperkenalkan kepada calon siswa baru berbagai hal mendasar supaya siswa memiliki kesan positif dan senang terhadap lingkungan pendidikan yang ada di YPIT Mutiara pada umumnya dan  SMA IT Mutiara khususnya. 

Program ta’aruf  ini merupakan  wahana untuk saling mengenal, baik itu berupa bahasa, adat istiadat, suku, atau golongan,  sebagaimana firman Allah dalam surat Al Hujurat : 13

Artinya :

Hai manusia! Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu  kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

 

Keanekaragaman yang ada tidak menjadikan kita terpecah belah. Akan tetapi, justru  bisa menyatukan hati karena maksud Allah memerintahkan kita untuk saling mengenal perbedaan tadi agar dapat memperbaharui ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah.

Akhirnya, acara ini diharapkan bisa mengakrabkan dan menyatukan hati kita dengan aqidah yang satu, dengan iman yang satu, dan agama yang satu, yaitu Islam.  Firman Allah surat Al Hujurat :10

 Artinya :

 

Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah antara kedua saudaramu.

 

TUJUAN MA'RUFI

  1. Membantu siswa mengenal pendidikan YPIT Mutiara.
  2. Mengarahkan siswa untuk ikut menciptakan lingkungan yang kondusif di SMA IT Mutiara
  3. Mendorong calon siswa baru untuk bersikap proaktif dalam mengenal guru karyawan/ti dan kakak kelasnya
  4. Membantu calon siswa baru untuk bisa beradaptasi  dengan warga sekolah
  5. Memotivasi calon siswa baru agar bangga menjadi siswa SMA IT Mutiara.

 

KARAKTERISTIK PRIBADI SISWA SMA IT MUTIARA

TATA NILAI 

  1. Menjiwai prinsip-prinsip dasar Islam.
  2. Beriman kokoh dan mendalam.
  3. Berakhlak mulia dan bertutur kata baik.
  4. Shalat wajib lima  waktu secara benar, tertib, dan tepat waktu.
  5. Membaca Al Quran setiap hari secara tartil dan hafal tiga juz.
  6. Hafal & mengamalkan doa-doa yang ma’tsur

 

KETERAMPILAN SOSIAL 

  1. Menghormati & patuh terhadap orang tua, guru, dan yang lebih tua.
  2. Bergaul dan menjalin persaudaraan secara Islami dan membimbing mereka yang lebih muda.
  3. Selalu menjaga lingkungan tetap bersih, aman, nyaman, & menyenangkan
  4. Berjiwa kepemimpinan Islami.

 

LIFE SKILL (Keterampilan hidup) 

  1. Berperilaku dan berbadan sehat, bugar, dan energik.
  2. Menguasai salah satu kemampuan bela diri atau olah raga lainnya.
  3. Berkomunikasi dengan salah satu bahasa asing : Inggris atau Arab.
  4. Menyusun karya tulis minimal sekali setahun.
  5. Mahir mengaplikasikan program Microsoft Office dan Internet.
  6. Selalu belajar demi kemajuan dan pengembangan diri.

 

TATA TERTIB MA’RUFI 

  1. Pakaian disesuaikan dengan kondisi.
  2. Jadwal Masuk pukul 07.10—07.15 WIB. Bagi peserta yang terlambat mendapat sanksi tergantung dari kreativitas panitia.

Jadwal pulang sesudah shalat ashar. Bagi yang melanggar dikenakan sanksi keesokan harinya.

  1. Performance (semua peserta berpakaian rapi) 

 

IKHWAN

AKHWAT

1. Menggunakan sepatu hitam

1. Menggunakan sepatu hitam

2. Membawa sarung

2. Membawa mukenah

3. Berambut pendek

3. Berjilbab formal

(putih, segi empat,

tidak transparan, menutupi aurat)

4. Pakaian Olahraga dimasukkan

4. Kaos kaki panjang minimal sampai        betis

5. Baju dimasukkan kedalam dan

   menggunakan ikat pinggang hitam

5. Menggunakan rok, kecuali pada           kegiatan   olahraga

Bagi ikhwan maupun akhwat diwajibkan membawa tasbih per individu yang bisa dipakai di leher.

  1. Dilarang untuk membawa HP (Handphone).
  2. Peserta Ma’rufi wajib  menjaga kebersihan, ketertiban, & keamanan.
  3. Tidak dibenarkan merokok.
  4. Tidak boleh berkuku panjang.
  5. Peserta Ma’rufi wajib mengikuti semua kegiatan & tidak dibenarkan meningalkan lokasi kegiatan, kecuali sakit atau izin dari panitia.
  6. Setiap peserta tidak dibenarkan menerima tamu sebelum mendapat izin dari  panitia.

 

* NB

    • Bagi seluruh panitia Ma’rufi  ba’da Ashar wajib mengikuti evaluasi
    • Sanksi yang dikenakan pada peserta Ma’rufi sesuai dengan kreativitas panitia dan bersifat mendidik 
Minggu, 02 Februari 2014 03:41

Mengatasi Rasa Gugup Saat Persentasi Didepan Kelas

Written by

Anda tidak bisa duduk diam, tangan dan kaki anda gelisah ? Telapak tangan anda mulai berkeringat, anda tidak merasa tenang dan gugup?

Apa yang anda lakukan?

Apa yang anda lakukan di awal untuk menghindari rasa gugup? Dan apa yang bisa anda lakukan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa gugup yang tiba-tiba datang sewaktu-waktu atau sesaat sebelum momen penting tersebut? Di bawah ini adalah beberapa tips, yang bisa anda gunakan hari ini juga, dan beberapa lagi bisa anda terapkan pada kehidupan anda di waktu yang akan datang.

Anda akan mencoba untuk mengkombinasikan beberapa dari tips di bawah ini. Sebagai contoh, jika anda sudah merasakan energi rasa gugup yang tinggi jangan langsung menvisualisasikan hal yang positif, karena itu tidak akan memberikan efek yang signifikan, dimana pikiran anda sudah banyak mengeluarkan visualisasi negatif. Melainkan, ambillah napas dari perut beberapa kali untuk menenangkan diri dan mengkonsentrasikan diri anda pada situasi saat ini, serta menghilangkan pemikiran negatif yang akan terjadi nanti. Setelah napasmu kembali normal dan tenang, visualisasikan sebaik apa pertemuan yang akan datang itu.

Anda Harus Siap

Tentu saja anda harus siap. Jika anda akan mengadakan presentasi maka pelajarilah catatan-catatan anda dan apa yang akan anda sampaikan secara cermat sebelum anda maju ke depan. Jika anda akan memiliki pertemuan penting, lakukan tugas-tugas anda, sehingga anda bisa mengetahui apa yang mungkin atau akan muncul pada pertemuan tersebut. Jika anda akan berkencan, mungkin pikirkanlah beberapa topik yang menarik atau pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan agar ketika pembicaraan anda berhenti dan menemui titik dimana terjadi keheningan yang aneh, anda sudah siap. Jika anda akan melakukan interview pekerjaan, pikirkan tentang apa yang mungkin akan ditanyakan oleh mereka dan pikirkanlah beberapa jawaban yang baik.

Mempersiapkan ini semua dengan hati-hati dan cermat akan mengurangi rasa gugup anda secara signifikan. Mungkin mempersiapkan semua ini tidak selalu menyenangkan, tapi persiapan yang matang tidak hanya akan sangat membantu untuk menghilangkan rasa gugup tapi juga memberikan hasil yang optimal pada presentasi anda atau akan membuat anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tanyakan pada Dirimu, Hal Terburuk apa yang Akan Terjadi?

Apa hal terburuk yang mungkin akan terjadi? Bagaimana hal tersebut bisa mempengaruhi anda di waktu mendatang? Dalam banyak kasus anda akan menemui jawaban : tidak akan memberi efek banyak. Sangat mudah untuk memikirkan apa yang akan terjadi dan konsekuensi yang mungkin terjadi dalam pikiran anda seperti hal tersebut adalah masalah hidup dan mati, terkadang itu terjadi. Bertanya tentang hal-hal yang lebih simpel akan membuat sesuatu menjadi lebih sehat dan lebih menenangkan dirimu.

Tarik Napas 30 kali Dalam-dalam

Bernapas melalui perut adalah hal yang mengagumkan untuk menghilangkan rasa dan visualisasi negatif dan mengembalikan diri kita pada keadaan saat ini. Hanya dengan beberapa kali bernapas melalui perut bisa merubah rasa gugup dan napas pendek menjadi tenang dan tegar. Sungguh mengagumkan betapa cepatnya hal ini bisa merubah perasaanmu. Berikut adalah hal-hal yang perlu anda lakukan :

Duduk dengan posisi yang santai dengan kakimu terlentang.

Simpan tangan anda di perut. Menggunakan perut, bernapaslah perlahan melalui hidung. Jika anda melakukannya dengan benar, maka perut anda akan membesar dan anda akan merasakannya melalui tanganmu.

Buang napas secara perlahan melalui hidung dan lakukan dengan sedikit tenaga sehingga perut bisa tertarik masuk ke dalam menuju punggung anda.

Tarik dan buang napas selama 30 kali, ambillah napas yang perlahan dan dalam.

Setelah anda mengambil 30 kali napas dalam dan fokus untuk menghitungnya, maka tidak hanya anda akan merasakan lebih santai dan terfokus, tubuh anda juga akan secara otomatis bernapas seperti itu tanpa perlu fokus padanya.

Mengambil napas dengan menggunakan perut akan berguna juga ketika anda mulai merasa gugup atau tidak fokus ketika anda dalam interview/presentasi pertemuan.

Visualisasi Dengan Cara yang Positif

Seringkali banyak waktu sering kita gunakan untuk menvisualisasi apa yang mungkin salah pada masa depan. Hal ini tentunya bisa membuat tingkat rasa gugup yang tinggi. Hal ini juga bisa memberikan hasil yang sama seperti apa yang anda imajinasikan atau takutkan. Jika anda berpikiran akan gagal, maka anda telah mempersulit diri anda sendiri untuk berhasil.

Menvisualisasikan secara positif adalah cara yang lebih berguna dan menyenangkan untuk dilakukan dengan imajinasi anda. Mungkin anda berpikir bahwa menvisualisasikan dengan cara ini hanyalah khayalan dan tidak nyata, tapi menvisualisasikan dengan cara yang negatif pun sebetulnya hanyalah khayalan. Dengan cara manapun, anda hanya memikirkan hal apa yang mungkin terjadi nantinya. Menvisualisasikan dengan cara yang negatif mungkin terlihat lebih realistik karena itulah yang banyak orang lakukan, atau bahkan itulah yang anda sering lakukan setiap hari pada tahun-tahun terakhir.

Bagaimana anda menvisualisasikan sesuatu yang akan terjadi akan banyak merubah bagaimana anda bersikap, apa yang anda katakan dan apa yang anda rasakan pada masa yang akan datang dan hal-hal itu bisa memberikan efek yang besar pada apa yang sedang terjadi.

Ini adalah beberapa instruksi praktis untuk anda, semisalnya anda akan menghadapi suatu pertemuan :

Visualisasikan betapa besarnya kejadian yang akan terjadi, dan betapa hebatnya perasaan yang akan anda miliki pada pertemuan tersebut. Bayangkan diri anda tersenyum, positif, terbuka dan sedang menjalani hari yang baik. Lihatlah hasil yang baik dari pikiran anda, dan luapkanlah dengan menvisualisasikan bahwa itu telah terjadi, bahwa pertemuan sudah selesai dengan hasil yang diinginkan. Hal ini sangat efektif dan akan memberikan mood yang baik dan tenang sebelum anda memasuki pertemuan pertama, kedua atau bahkan ke dua puluh.

Solusi di atas adalah cara yang lebih cepat. Tips di bawah ini lebih membutuhkan waktu untuk melakukannya. Ini bisa memakan waktu berminggu-minggu, bulan atau bahkan tahun. Dengan berjalannya waktu anda akan secara perlahan membuat ide-ide ini menjadi bagian yang penting dalam hidup anda. Dan hal-hal ini bisa membuat anda semakin tidak gugup dalam situasi apapun.

Berlatih, Berlatih dan Berlatih

Semakin anda berlatih, mengambil aksi dan menempatkan diri anda pada situasi yang bisa membuat anda gugup, akan membuat anda semakin percaya diri. Jika anda sudah pernah mengalami hal tersebut sebelumnya, maka anda akan tahu apa saja yang mungkin akan terjadi, sehingga anda akan semakin merasa nyaman dan tidak gugup.

Menyadari Bahwa Orang-orang Tidak Begitu Peduli Dengan Apa yang Anda Lakukan

Salah satu sumber dari rasa gugup adalah terlalu terfokus pada apa yang akan orang-orang pikirkan tentang anda dan selalu berpikiran bahwa kritikan mereka adalah selalu mengenai diri anda. Tapi sebetulnya orang-orang tidak begitu memikirkan apa yang anda lakukan. Anda memusatkan perhatian pada permasalahan, tantangan dan kemenangan dari hari ke hari dan itu adalah hal yang sama persis dilakukan oleh orang disebelah anda.

Secara umum, orang-orang memusatkan perhatian mereka pada masalah dan tantangan mereka sendiri. Dan kritik mereka seringkali mengenai sesuatu hal yang negatif dalam hidup mereka dibandingkan apa yang telah anda lakukan, jadi tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Menyadari apa yang anda lakukan tidak begitu penting untuk orang lain mungkin akan sedikit mengecewakan, tapi juga bisa melegakan.

Sangatlah mudah untuk kembali pada sikap manja dan memikirkan apa yang orang pikirkan tentang anda dan apa yang anda lakukan. Tapi dengan niat, anda bisa secara perlahan-lahan untuk tidak khawatir dan repot memikirkan apa yang orang pikirkan tentag anda. Hal ini membuat anda bisa memiliki kebebasan batin untuk berbuat sesuatu dan mencoba apa yang anda inginkan karena anda tidak merasa terperangkap dalam tanggapan orang-orang.

 

Tetap Berada Pada Kenyataan

Hal ini berhubungan erat dengan bernapas dengan perut. Ketika anda mengambil napas dalam-dalam dan fokus akan membuat pikiran menjadi sunyi. Proyeksi anda tentang apa yang akan terjadi pada pertemuan atau interview akan hilang. Rasa gugup timbul dari proyeksi negatif atas apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang atau atas apa yang pernah terjadi di masa lalu, mungkin dari waktu terakhir anda melakukan pertemuan atau interview. Ketika anda fokuskan perhatian anda pada apa yang terjadi sekarang maka rasa gugup itu akan hilang.

Cara lain untuk tetap berada atau untuk kembali ke keadaan sekarang adalah dengan memperhatikan apa yang terjadi saat ini. Fokuslah pada kejadian dan suara yang ada di depan anda, jangan pikirkan laporan yang harus diselesaikan sebelum jam 5 sore, atau tentang pertemuan besok, atau apa yang ingin anda santap untuk makan malam. Pusatkan perhatian anda pada kejadian yang sedang terjadi dan jangan memikirkan hal lainnya. Buatlah itu menjadi sebuah kebiasaan dan cobalah untuk mengembangkan waktu yang anda habiskan pada keadaan sekarang sebelum pikiran anda melayang kembali. Berada pada keadaan sekarang bisa menjadi sangat bermanfaat jika anda ingin mengurangi rasa dan pikiran negatif dalam hidup anda.

sumber
Minggu, 12 Januari 2014 08:29

Tips Sukes Ujian Nasional

Written by

Sebentar lagi ada UN nih buat SD, SMP dan juga SMA. Kami mau berbagi 10 tips Insya Allah sukses UN. Semoga biar nanti tambah semangat ikut UN dan tetep optimis. 

Mulai Sekarang Jadikan Waktumu Dengan Membahas Soal Minimal Sebanyak 50 Soal/Hari

Sekarang itu bukanlah saatnya adik-Adik membaca pelajaran lagi, menghafalnya, mendatanya, namun mulai sekarang beranilah untuk membahas soal, beranilah untuk membuka soal-soal UAN kemudian jawablah soal tersebut, Bahas sebanyak 50 Soal/hari, memang kelihatannya berat, namun kalau udah dijalani 50 itu sangatlah sedikit. Ok kita atur waktu adik-adik sekalian dengan belajar

Contoh :