YPIT Mutiara

Bela Citra Aqidah

  • + Kelas : XI IPA 2
  • + Umur : 18
  • + Juara : Terpilih sebagai Peserta Pertukaran Pelajar Antar Negara

Orang Tua : 

Bela Citra Aqidah, adalah siswi kelas XI IPA 2 SMA IT Mutiara yang lulus seleksi pertukaran Pelajar antar Negara melalaui program  KL-YES (Kennedy Lugar - Youth Exchange and Study),setelah mengikiti seleksi akhir Nasional yang diikiuti diikuti oleh 150 peserta dari 20 Chapter se- Indonesia dan hanya 85 yang dinyatakan lulus dan InsyaaAllah akan diberangkatkan ke Amerika Serikat Juli 2015 mendatang.

Program pertukaran pelajar antar Negara dilaksanakan Bina Antar Budaya yang merupakan organisasi nirlaba yang menjembatani perdamaian antara 25 negara di 5 benua. Tiap tahun, Bina Antar Budaya melayani pertukaran pelajar antar negara melalui program AFS (American Field Service), KL-YES (Kennedy Lugar - Youth Exchange and Study), KIZUNA Short Program, dll. Di Indonesia,

Bina Antar Budaya tersebar di 20 chapter di kota-kota besar. Tiap tahunnya, 20 chapter tersebut membuka pendaftaran dan menyelenggarakan seleksi bagi siswa/siswi SMA/sederajat yang ingin menjadi peserta pertukaran pelajar. Seleksi ini secara umum disebut AFS test.

AFS test terdiri dari 3 tahapan seleksi secara bertahap dan hanya dibuka untuk siswa/siswi kelas 1 SMA/sederajat. Daerah Riau, Jambi, Kep. Riau, dan Sumatra Barat tergabung dalam Chapter Padang.

Seleksi tahap 1 diadakan oleh tim penyeleksi Chapter Padang, Subchapter Pekanbaru pada bulan April 2014 lalu di MAN 2 Model, Pekanbaru. Seleksi tahap 1 diikuti oleh lebih dari 400 peserta hanya dari provinsi Riau dan ratusan peserta lain dari provinsi lainnya. Seleksi tahap 1 merupakan test tertulis yang terdiri atas pengetahuan umum, bahasa inggris dasar, matematika dasar, dan essay opini.

Calon peserta yang dinayatakan lulus seleksi tahap 1 sebanyak 76 peserta, harus  mengikuti  seleksi tahap 2 pada bulan Mei 2014 di lokasi yang sama.Seleksi tahap 2 meliputi wawancara berbahasa Inggris, tentang kepribadian diri, keluarga, aktivitas sehari-hari, sekolah, prestasi yang pernah diraih, serta motivasi dan tujuan mengikuti program pertukaran pelajar.

Alhamdulillah sebulan kemudia , 41 peserta yang dinyatakan lolos tahap 2 harus mengikuti seleksi tahap 3 yaitu dinamika kelompok. Pada tahapan ini, tiap peserta seleksi dibagi ke beberapa kelompok yang etrdiri atas 5 orang dari sekolah bahkan kota yang berbeda. Tiap kelompok diberi bahan mading dan kasus untuk dipecahkan. Tiap kelompok diminta membuat mading bertemakan pemecahan kasus tersebut dalam waktu 30 menit dan diminta mempresentasikan karyanya.

Setelah seleksi tahap 3, ada 8 orang dari Subchapter Pekanbaru yang dinyatakan lolos AFS test dan berhak mengikuti pertukaran pelajar ke luar negri melalui program AFS dan KL-YES. Keseluruhan peserta yang lolos AFS test dari seluruh Chapter Padang adalah 25. Kemudian 15 dari 25 peserta tersebut terpilih untuk mengikuti program KL-YES. Perbedaan antara program AFS dan KL-YES adalah, program AFS mengharuskan peserta membayar visa sendiri sementara program KL-YES memberikan beasiswa penuh pada pesertanya, karena program KL-YES disponsori oleh Kedutaan Amerika Serikat. Jika terpilih untuk mengikuti program KL-YES, masih ada tahapan seleksi yang harus dilewati yaitu Seleksi Nasional.

Dari Subchapter Pekanbaru, Bela Citra Aqidah dan seorang siswi SMA Dharma Yudha terpilih mengikuti Seleksi Nasional KL-YES. Seleksi tersebut diadakan pada bulan November 2014 di Kemendikbud, Jakarta. Seleksi Nasional tersebut diikuti oleh 150 peserta dari 20 Chapter se- Indonesia dan hanya 85 yang akan dinyatakan lulus dan Insyaa Allah akan diberangkatkan ke Amerika Serikat Juli 2015 mendatang. Seleksi Nasional ini terdiri atas Dinamika Kelompok 1 (River of Life), Dinamika Kelompok 2 (Leadership Challenge), Psikotes, wawancara dengan perwakilan USA Embassy, English Essay Writing, dan SLEP test (Secondary Level English-Proficiency Test).

Alhamdulillah berkat do’a dan dukungan semua pihak Bela Citra Aqidah dinyatakan lulus Seleksi Nasional KL-YES untuk mengikuti pertukaran pelajar di Amerika Serikat selama satu tahun dengan program beasiswa.

Semoga Allah meridhai dan memberkati pertukaran pelajar yang akan dilaksanakan serta membuat Bela semakin istiqamah taat beribadah dan beramal shaleh, menegakkan kebenran dan mencegah kemungkaran dengan sabar diamanapun Bela berada serta mencerminkan kepribadian yang smakin beriman dan bertqwa kepada Allah SWT, berahlaq mulia, sehat jasmani dan rohani, Berilmu pengetahuan yang bermanfaat, Cerdas, Cakap, Kreatif, Mandiri, Demokratis dan bertanggung jawab dunia akherat., Amin Ya Rabbal Alamin.